13 Faktor Penyebab Menstruasi atau Haid tidak Teratur

Jangan Panik, Anda harus mengetahu 13 penyebab ini. 13 Faktor Penyebab Menstruasi atau Haid tidak Teratur.

Secara normal siklus menstruasi atau haid atau datang bulan terjadi setiap satu bulan sekali. Karena setiap wanita memiliki periode yang berbeda dalam siklusnya, tak jarang ditemui wanita yang mengalami telat datang bulan hingga berbulan-bulan.

Penyebab wanita terlambat datang bulan ada beberapa, tetapi hal pertama yang sering dipikirkan orang ketika mengalami telat datang bulan adalah hamil. Banyak faktor penyebab lain yang membuat wanita terlambat datang bulan atau menstruasi.

Menstruasi atau haid sendiri adalah sebuah siklus bulanan dimana lapisan pada dinding rahim yang berisi banyak darah dan cairan meluruh dan keluar dari vagina karena pembuahan tidak terjadi. Jika pembuahan berhasil dalam periode tersebut, maka menstruasi berhenti sampai persalinan terjadi. Itulah sebabnya banyak orang yang menghubungkan telat datang bulan dengan kehamilan.

Wanita yang aktif secara seksual pasti akan panik bila sudah tiba waktunya haid tapi tamu bulannya tak kunjung datang. Tapi ingat, hal ini belum tentu karena hamil, tapi bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres.

Ada 13 Faktor Penyebab Menstruasi atau Haid tidak Teratur. Mari kita bahas 13 Faktor Penyebab Menstruasi tidak Teratur.

1. Sakit
Sakit yang diderita dalam jangka waktu yang lama juga bisa membuat haid telat datang. Biasanya hal seperti ini bersifat sementara, setelah sakit sembuh maka datang bulan akan normal kembali.

2. Kegemukan
Terlalu gemuk menyebabkan hormon mengubah siklus menstruasi atau bahkan menghentikannya secara total. Kebanyakan wanita kembali mengalami siklus menstruasi yang normal setelah berat badannya turun. Pelajari definisi kegemukan dan Obesitas / Kegemukan Banyak Dialami oleh Wanita juga cara menurunkan berat badan.

3. Perubahan pola hidup
Perubahan jadwal hidup akan mempengaruhi bagaimana tubuh bekerja. Hal ini umumnya terjadi pada karyawan yang sering mengalami perpindahan jam kerja siang ke malam dan sebaliknya. Faktor ini menyebabkan tamu bulanan menjadi tidak teratur atau telat datang setiap bulan.

4. Terlalu kurus
Kebalikan dengan kegemukan, terlalu kurus juga menyebabkan seorang wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur dan juga dapat menyebabkan haid berhenti sama sekali.

5. Salah hitung

13 Faktor Penyebab Menstruasi atau Haid tidak Teratur

Normalnya panjang satu siklus menstruasi wanita adalah 28 hari, tapi ini bukan paten pada semua wanita. Siklus menstruasi berbeda pada setiap wanita. Terkadang ada yang menyebut haidnya terlambat datang padahal yang benar adalah salah hitung. Penyebabnya karena siklus menstruasi kadang datang tidak teratur setiap bulannya.

6. Konsumsi Obat
Mengkonsumsi obat baru atau sedang dalam pengobatan akan mempengaruhi siklus bulanan wanita. Contoh obat yang dapat memperlambat haid datang adalah obat sakit telinga dan obat gatal-gatal.

7. Stress
Stress akan mempengaruhi banyak hal dalam hidup termasuk siklus menstruasi. Ketika sedang dalam tekanan, tubuh akan mengurangi produksi hormon GnRH yang menyebabkan tubuh wanita tidak berovulasi atau tidak haid. Setelah masalah selesai atau mendapat bantuan dari dokter, haid umumnya bisa normal kembali.

8. Pra Menopause
Kondisi ini adalah saat transisi antara usia produktif ke usia non produktif. Pada saat ini, menstruasi menjadi tidak teratur, kadang banyak, kadang sedikit, kadang juga lama atau pendek.

9. Menopause
Menopause adalah sebuah masa dalam hidup wanita dimana ovulasi tidak akan terjadi lagi. Ini adalah kondisi alami tubuh wanita tapi bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti efek dari operasi dan kemoterapi.

10. Pil KB
Tak jarang pil KB yang dikonsumsi juga membuat menstruasi datang terlambat. Wanita perlu berkonsultasi dengan dokter jika tidak ingin kondisi tersebut berlanjut terus-terusan.

11. Ketidakseimbangan hormon
Hormon memegang peranan penting dalam siklus menstruasi wanita. Jika terjadi ketidakseimbangan, wanita pun cenderung terlambat atau bahkan terlalu cepat mengalami datang bulan.

12. Olahraga terlalu aktif
Wanita yang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga terlalu berat biasanya juga bermasalah dengan siklus menstruasinya. Tubuh yang kelelahan, stres, dan tenaga yang terkuras habis membuat menstruasi datang terlambat.

13.    Hamil
Ya, haid yang telat datang adalah salah satu ciri wanita sedang hamil. Untuk memastikan kehamilan tersebut perlu dilakukan tes, bisa menggunakan testpack atau USG ke dokter kandungan.

Jika Anda telah memahami penyebab-penyebab tidak teraturnya datang haid atau menstruasi, langkah selanjutnya adalah melakukan usaha-usaha agar kondisi anda kembali normal. Tapi jika setelah melakukan testpack, dan anda positif hamil maka yang perlu dilakukan adalah mengunjungi dokter untuk memeriksakan kandungan anda.

Bagaimana jika telat datang bulan disebabkan oleh faktor lain. Jika hasil tes kehamilan adalah negatif maka tunggulah sampai seminggu untuk lakukan tes kedua. Jika tes kedua juga negatif maka kemungkinan ada faktor lain yang menyebabkan haid anda telat datang.

Cara terbaik adalah Anda berkonsultasi ke dokter dan tanyakan apa yang harus Anda lakukan untuk membuat siklus menstruasi Anda kembali normal.

Demikian sedikit ulasan mengenai 10 Faktor Penyebab Menstruasi tidak Teratur. Semoga bermanfaat.

Klorofil dan Noni Plus menghilangkan gangguan nyeri menstruasi

Suplemen Nutrisi Membantu menghilangkan gangguan nyeri dan melancarkan siklus Menstruasi atau Haid Anda.


Konsultasi dan pemesanan Klorofil dan Noni Plus segara hubungi 0815 7248 2424 atau invite WA: WA: 081572482424.

Yang dicari dari search engine:

Leave a Reply