Alergi Rhinitis (Rhinitis Allergic)

Alergi adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh seseorang terhadap lingkungan atau terhadap zat-zat tertentu yang berasal dari luar tubuhnya, contoh udara, debu, obat, kulit dan bulu binatang, makanan, kosmetik, serbuk sari, jamur, dll. (Zat-zat yang dapat menyebabkan alergi disebut alergen/antigen). Mungkin bagi sebagian orang zat-zat tersebut tidak menimbulkan gangguan, namun bagi penderita penyakit alergi, zat-zat tersebut cukup membuat kesal karena dapat menggangu aktivitas.

 

Alergi Rhinitis (Rhinitis Allergic)

Rhinitis Alergic di-diagnosa suatu gejala yang berhubungan dengan hidung, yaitu pernafasan. Gejala ini terjadi ketika Anda bernafas, maka Anda akan merasa alergi terhadap debu, bulu binatang, serbuk sari, dan lain-lain. Alergi rhinitis dapat disebut juga alergi musimam dan demam. Sesuatu yang dapat memicu terjadinya alergi disebut Alergen.

Demam dan alergi sering terjadi dan menular dalam keluarga. Jika kedua orang tua Anda memiliki demam atau alergi lainnya, Anda mungkin memiliki demam dan alergi juga.

 

Gejala Alergi Rhinitis

Berikut adalah gejala-gejala mulai terserang alergi rhinitis:

  • Gatal hidung, mulut, mata, tenggorokan, kulit.
  • Alergi muncul jika setelah mencium sesuatu yang bau yang dirasakan tidak enak
  • Ingusan
  • Bersin-bersin
  • Mata berair

Gejala-gejala tersebut kemungkinan dapat berlanjut menjadi:

  • Hidung tersumbat (hidung tersumbat)
  • Batuk-batuk lebih sering.
  • Tersumbat telinga dan penurunan indra penciuman
  • Sakit tenggorokan
  • Lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata
  • Kelelahan dan mudah tersinggung
  • Sakit kepala

Cara-cara mengatasi Alergi

1. Menghindari Alergen (Penyebab Alergi)

Ketika Anda pulang dari lingkungan di luar rumah atau habis bepergian, Anda harus segera membersihkan atau menanggalkan apa-apa yang dipakai, seperti sepatu, baju, membersihkan rambut atau lebih baik mandi. Tanggalkan sepatu atau sandal diluar pintu rumah supaya tidak bisa masuk ke dalam rumah.

2. Aliran Udara di Rumah

Tutuplah lubang-lubang atau jendela yang memungkinkan masuknya serbuk sari atau debu ke dalam rumah, terutama pada musim kemarau. Jika memungkinkan, pasanglah filter udara di dalam rumah seperti menggunakan AC yang mempunyai fungsi sebagai filter udara.

3. Menerapkan penyembuhan dan pencegahan menggunakan Nutrisi atau suplemen

Suplemen seperti Kloropil sangat membantu dalam proses penyembuhan dan juga sebagai pencegah alergi.

4. Perbanyak mengkonsumsi Vitamin D

Vitamin D banyak terdapat pada makanan seperti minyak ikan dan lemak ikan tuna dan ikan salmon.

5. Pola Makan Sehat

Perbanyaklah mengkonsumsi buah, sayur dan kacang-kacangan setiap harinya. Buah yang disarankan seperti jeruk, anggur, tomat dan apel.

6. Gunakan Masker

Setiap kali Anda beraktifitas yang berhubungan dengan bersih-bersih, seperti menyapu, mengepel, memotong, dan lain-lain gunakanlah selalu masker. Ketika Anda ke luar rumah juga sebaiknya menggunakan masker.

7. Perbanyak minum air

Jika Anda terserang alergi cobalah perbanyak minum air atau cairan lainnya seperti jus buah-buahan. Minum cairan tambahan dapat membantu mengencerkan lendir di hidung Anda dan mungkin meredakan sesak. Cairan panas, seperti teh, kaldu, atau sup, dapat menenangkan karena ada tambahan manfaat uap.

8. Hindari asap rokok

Jika Anda berada tempat orang-orang yang sedang merokok sebaiknya menghindar. Berhentilah merokok jika memang Anda perokok.

9. Pengobatan tradisional

Untuk rhinitis alergi ringan, mencuci hidung dapat membantu menghilangkan lendir dari hidung. Anda dapat membeli larutan garam di toko obat atau membuat satu di rumah dengan menggunakan satu cangkir air hangat, setengah sendok teh garam, dan sejumput baking soda.

Pengobatan dengan Antisiamin untuk alergi rhinitis.

1. Kortikosteroid

Menyemprotkan kortikosteroid adalah pengobatan yang paling efektif untuk rhinitis alergi.
Obat ini bekerja dengan baik bila digunakan nonstop, tetapi obat ini juga dapat membantu ketika digunakan untuk jangka waktu yang lebih singkat.
Semprotan kortikosteroid umumnya aman untuk anak-anak dan orang dewasa.
Banyak merek yang tersedia. Anda dapat membeli satu merek tanpa resep. Untuk semua merek lain, Anda akan memerlukan resep dari dokter Anda.

2. dekongestan

Dekongestan juga dapat membantu untuk mengurangi gejala-gejala seperti hidung tersumbat.
Jangan gunakan dekongestan nasal spray selama lebih dari 3 hari.

3. Inhibitor leukotriene

Obat ini adalah obat resep yang menghalangi leukotrien. Ini adalah bahan kimia untuk membersihkan alergen yang memicu gejala alergi.

 

Yang dicari dari search engine:

Leave a Reply