Cara Diet Sehat Alami selama Bulan Puasa Ramadhan 1436H

Banyak cara menurunkan berat badan. Diet sehat di bulan puasa hasilnya sangat optimal. Cara Diet Sehat Alami selama Bulan Puasa Ramadhan 1436H.

Bulan puasa atau bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkatan dan kemuliaan. Umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Selain itu umat Muslim digalakkan untuk meningkatkan amalannya di bulan suci yang penuh berkah ini. Selain itu juga, bulan Ramadhan ini juga boleh dijadikan sebagai titik permulaan untuk menjaga diri dari hawa nafsu dan menjaga cara atau pola makan. Setelah capek selama satu tahun organ tubuh kita bekerja keras untuk mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh, di bulan Ramadhan ini boleh digunakan untuk mengistirahatkan perut serta merancang kembali diet yang lebih baik dan lebih seimbang untuk tubuh yang lebih sehat. Artikel kali ini berbagi sehat membahas Cara Diet Sehat Alami selama Bulan Puasa Ramadhan 1436H.

1. Timbang berat badan Anda pada awal Puasa Ramadhan

Catat berat badan Anda pada buku harian diet Anda dan juga catat lingkar perut Anda di awal bulan Puasa Ramadhan. Catatan ini penting sekali sebagai bahan perbandingan di akhir bulan puasa Ramadhan, apakah program diet sehat Anda berhasil atau tidak. Berat dan ukuran lingkar perut Anda di akhir bulan puasa Ramadhan seharusnya lebih kecil dari pada di awal puasa Ramadhan.

Tentukan berat badan ideal Anda berdasarkan tabel index BMI (Body Mass Index). Klik di sini untuk melihat table index BMI.

2. Peluang 1 kali dalam 1 tahun

Peluang untuk melakukan diet di bulan puasa Ramadhan ini hanya satu kali saja dalam setahun. Untuk itu pergunakanlah sebaik dan sepintar mungkin peluang ini untuk menurunkan berat badan Anda.

Anda harus tahu bahwa puasa adalah langkah terbaik bagi Anda untuk menurunkan : Berat badan, Glukosa berlebihan, Darah Tinggi, Kolesterol, meminimalkan pengerutan dini kulit wajah dan meremajakannya kembali.

Perut adalah pusat dan sumbernya bermacam-macam penyakit, istirahatkanlah sejenak untuk pemulihan diri.

3. Tetapkan Niat, yakin pasti bisa

Aku mau menurunkan berat badanku, sebab aku mau badan yang lebih sehat dan cantik :)

 

4. Jangan makan berlebih ketika berbuka puasa

Makan berlebih ketika berbuka puasa meyebabkan kekenyangan. Anda menahan lapar dan program diet untuk menurunkan berat badan sia-sia belaka.

Makan berlebih ketika berbuka puasa bertentangan dengan hikmah puasa, yaitu kita belajar untuk merasakan kehidupan orang miskin yang susah mendapatkan makanan.

Kebiasaan makan berlebih dan berbuat mubazir adalah teman syaiton.

Makan banyak = kalori banyak = Makin gemuk

.

Jika tidak ada aktivitas dimalam hari, maka akan mengakibatkan menimbunnya lemak jika makan terlalu banyak.

 

5. Jangan tergiur dengan adanya Bazzar Ramadhan

Bazzar Ramadhan adalah godaan terbesar di bulan Ramadhan. Kemungkinan besar Anda akan tergiur dengan adanya acara ini, jadi lebih baik Anda tidak usah mengunjungi acara-acara semacam ini. Jangan ikutin nafsu karena akan sia-sia program diet Anda. Jika memang perlu anggaplah sebagai refreshing saja dan itupun satu kali saja dalam satu bulan.

 

6. Buka Puasa secara Sederhana

Hindari langsung mengkonsumsi makanan berkarbohidrat pada saat berbuka puasa, perut Anda akan sangat terkejut dan itu tidak baik untuk kesehatan Anda. Mulailah dengan makan kurma dan jus buah segar untuk meningkatkan tingkat glukosa darah sehingga menjadi normal kembali.

Hindari minuman instan dan berkafein tinggi.

Perbanyak makanan berserat, serat sangat baik untuk pencernaan Anda dan makanlah makanan berprotein tinggi, seperti ikan.

Kurangi konsumsi nasi dan gantikan dengan buah-buahan yang sehat dan mengenyangkan seperti pepaya, apel, pir.

 

7. Makan dengan perlahan dan relaks

Sebuah penelitian besar menemukan bahwa perut kita membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyampaikan isyarat atau respon ke otak bahwa dia sudah kenyang. Sebagai contoh jika Anda menghabiskan sepiring nasi dalam waktu 10 menit dan merasa belum kenyang, maka Anda akan menambah lagi satu piring dan membutuhkan waktu 10 menit piring kedua sehingga 2 piring sama dengan 20 menit, nah disitu Anda baru merasa kenyang.

Berbeda kasus jika Anda makan secara perlahan dan butuh waktu 20 menit untuk menghabiskan nasi satu piring, maka Anda akan kenyang hanya dengan satu piring.

Sebagai orang Muslim kita harus ingat nasihat nabu Muhamad SAW, bahwa berhentilah makan sebelum kenyang, karena sebenarnya kita sudah merasa kenyang tetapi otak belum mendapat sinyal dari perut bahwa perut sudah kenyang.

 

8. Minum Air secukupnya

70% tubuh manusia terdiri dari air, jadi seharusnya air yang telah hilang setelah beraktifitas harus diisi lagi atau diganti sampai normal. Minum 7 sampai 8 gelas per hari. Cara terbaik adalah minum air secara terus menerus setelah berbuka puasa dan menjelang sahur. Manfaat minum air putih klik di sini.

 

9. Hanya makan ringan setelah Taraweh

Jika waktu makan setelah melaksanakan shalat Taraweh, sebaiknya ganti porsi makan Anda dengan mengkonsumsi buah-buahan dan kacang-kacangan. Disarankan untuk mengistirahatkan perut Anda dari kerja keras memproses makanan jika menjelang tidur.

Ketika Anda akan tidur, sebaiknya tunggu sampai 3 jam setelah Anda makan untuk memberi waktu organ tubuh Anda untuk memproses makanan terlebih dahulu. Tidur ketika perut kenyang akan mengakibatkan kegemukan.

10. Sahur adalah waktu makan terpenting di bulan Puasa Ramadhan

Sahur sangat penting karena sahur merupakan waktu makan terakhir sebelum berpuasa sepanjang hari. Sajian paling berat seharusnya di waktu sahur untuk mendapatkan nutisi dan protein yang banyak sebagai bekal nanti pada saat berpuasa.

Makan sahur hukumnya adalah sunah, jadi usahakan untuk selalu makan sahur di bulan puasa. Rasulallah bersabda: “Bersahurlah kamu, sesungguhnya dalam bersahur itu ada keberkahan. (HR Bukhari & Muslim).

11. Sahur dengan serat supaya kenyang lebih lama

Makan sahur dengan serat seperti biji-bijian, sayuran berserat dan buah-buahan dapat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama dan makanan tersebut sebagai bekal tenaga pada saat berpuasa. Daging merah yang kaya protein juga sangat membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

 

12. Bersahur walaupun dengan seteguk air

Islam mengatur kita supaya bersahur dan berbuka di bulan puasa Ramadhan. Walaupun Anda terobsesi untuk mempunyai badan langsing, tetapi jangan diet terlalu ekstreem, waktu makan sahur dan berbuka sangatlah perlu.

Mungkin Anda berfikir jika makan sehari saja atau puasa sepenuh hari tanpa makan akan membuat tubuh Anda cepat kurus, tetapi tidak demikian kenyataannya, justru akan menimbulkan sakit dan ujung-ujungnya Anda gagal diet.

 

13. Jangan tidur setelah makan sahur

Setelah makan tubuh kita membutuhkan waktu antara 2 – 3 jam untuk mencerna makanan. Tidur setelah makan sahur pada jangka waktu 2-3 jam akan menimbulkan kegemukan. Jika ingin tidur setelah sahur sebaiknya tunggu setelah lewat 3 jam dan sebaiknya sholat Subuh terlebih dahulu.

 

14. Hindari minum kopi dan teh

Kafein yang terkandung dalam kopi, nescafe, atau teh bersifat diuretik yang akan menyebabkan kita kencing lebih sering. Hal ini akan menyebabkan kita banyak kekurangan air. Hindari minum minuman tersebut pada saat makan sahur.

 

 15. Jenis makanan yang harus dikurangi

1. Makanan berlemak, berminyak dan bersantan, makanan ini termasuk makanan yang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan berat badan.

2. Minuman manis, minuman ini mengandung kalori yang cukup tinggi dan rendah nutrisi.

3. Makanan asin, makanan yang terlalu banyak mengandung garam akan dapat menyerap air dari dlam tubuh.

 

16. Lakukan senam ringan selama 20 – 30 menit

Walaupun tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, tetapi jumlah tenaga yang diperlukan selama seharian tetap sama seperti hari-hari diluar bulan puasa.  Melakukan senam ringan di bulan puasa akan mempercepat program penurunan berat badan. Lakukan senam yang tidak terlalu keras, lakukan ditempat yang tidak terlalu panas dan berhentilah jika sudah merasa sedikit capek.

 

17. Sholat Taraweh juga senam

Tergantung pada bilangan jumlah raka’at, shalat Taraweh dapat membakar kisaran 80 – 200 kalori. Shalat taraweh sama dengan berjalan cepat atau menari selama 30 mnit.

18. Saatnya untuk berhenti merokok

Bulan Ramadhan bisa dibilang bulan ajaib karena banyak berkahnya. Contoh, seharian selama puasa seorang perokok tidak merokok padahal jika tidak puasa akan menghabiskan berapa batang rokok.

 

19. Catatlah hasilnya setiap minggu

Catatlah pada buku catatan pencapaian diet Anda. Catat berapa berat badan dan ukuran lingkar perut Anda setelah melakukan diet dalam satu minggu.

 

20. Teruskan walaupun Ramadhan telah usai

Bulan Ramadahan hanyalah permulaan saja, Anda harus teruskan ke bulan-bulan berikutnya. Lanjutkan dengan melakukan puasa sunah Senin – Kamis setiap minggu untuk mempercepat program diet Anda.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Diet Sehat Alami selama Bulan Puasa Ramadhan 1436H. Artikel ini adalah sebagai panduan untuk membantu Anda menjalankan diet untuk mendapatkan tubuh yang langsing ideal. Praktekan sesuai dengan tingkat kemampuan Anda masing-masing. Hasil yang diperoleh untuk setiap orang akan berbeda-beda sesuai dengan metabolisme tubuh masing-masing.

 

SMAR DETOX SELAMA BULAN PUASA RAMADHAN

Synergy USA sangat peduli dan memperhatikan event di setiap negara, pun demikian dengan bulan Puasa Ramadhan bagi umat Muslim. Untuk itu untuk memperlancar dan mempercepat program pelangsingan badan pola makan bagi yang sedang melakukan diet smart detox polanya ada sedikit perubahan bagi yang sedang berpuasa, yaitu:

Cara Diet Sehat Alami selama Bulan Puasa Ramadhan 1436H

Ramadhan POLA 2

* Sahur (bangun tidur)
– Liquid Chlorophyl 15ml (1 sendok makan) dengan 1x gelas air putih 250-300ml
– Menu makan buat Sahur NUTRITIONAL SHAKE yaitu Campur Maximum Protein 2x scoop dan Nutriburst 2x scoops dengan 400 ml air putih dingin, minum perlahan.
– Menjelang Imsak minum spirulina 3-6 kapsul

* Buka Puasa (Beduk Magrib)
– Liquid Chlorophyl 15 ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih dingin 250-300 ml
– Minum ProArgi9 Plus 1 sachet aduk dengan air putih 250-300 ml
– Menu makan buat buka puasa, makan dengan porsi setengah, hindari garam, gorengan dan bakar.

* Sehabis teraweh (bila lapar)
Minum NUTRITIONAL SHAKE yaitu Campur Maximum Protein 1x scoop dan Nutriburst 1x scoops dengan 300 ml air putih dingin, Minum perlahan.

* Camilan Malam
– Liquid Chlorophyll 15 ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih 250-300 ml
– Spirulina 3-6 kapsul, bila lapar makan buah yang anda sukai.

* Sebelum tidur ProArgi9 Plus 1 sachet aduk dengan air putih 250-300ml

 

Ramadhan POLA 3

* Sahur (bangun tidur)
– Liquid Chlorophyll 15 ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih 250-300ml
– Menu makan buat sahur Minum NUTRITIONAL SHAKE yaitu Campur Maximum Protein 2 scoops dan Nutriburst 2 scoops dengan 400ml air putih dingin, Minum perlahan
– Menjelang Imsak minum Spirulina 3-6 kapsul.

* Buka Puasa (Beduk Magrib)
– Liquid Chlorophyl 15ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih dingin 250-300ml
– Minum ProArgi9 plus 1 sachet aduk dengan air putih 250-300ml
– Menu makan buat buka puasa, NUTRITIONAL SHAKE yaitu Campur Maximum 2 scoops dan Nutriburst 2 scoops dengan 400 ml air putih dingin, minum perlahan.

* Camilan Malam
– Liquid Chlorophyll 15ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih 250-300ml
– Spirulina 3-6 kapsul, bila lapar makan buah yang anda sukai.

* Sebelum tidur ProArgi9 Plus 1 sachet aduk dengan air putih 250-300ml

 

Konsultasi Gratis dan Pemesanan

Telpon atau Chat WA saya sekarang juga..!!
Phone : 0815 7248 2424
WA: BB : 081572482424

 


 

Yang dicari dari search engine: