Cara Diet yang Baik dan Benar dengan 4J

Body Mass Index (BMI) sebagai acuan komposisi lemak dan otot ideal. Cara Diet yang Baik dan Benar dengan 4J. Kebanyakan perempuan masih beranggapan bahwa tubuh ideal sama dengan kurus. Sedangkan tubuh kurus berarti berat badan dibawah normal bahkan cenderung kurang sehat karena kurang gizi.

Yang direkomendasikan adalah memiliki body mass index (BMI) yang normal yaitu memiliki komposisi lemak dan otot yang ideal atau seimbang. Tubuh yang langsing dapat diperoleh semua orang dengan memperhatikan pola makan, diet sehat alami dan tentunya olahraga.

BMI kisaran normal diangka 18,5 – 22,9. Jika kurang dari kisaran tersebut dapat dikatakan berat badan rendah, dan jika lebih dari kisaran tersebut dapat dikatakan berat badan berlebih (overweight), obesitas. Perlu diketahui bahwa tibuh ideal terdiri dari 25 – 3- persen lemak dan 10 – 14 kg otot untuk perempuan. Sedangkan untuk laki-laki adalah 15 – 20 persen lemak dan 11 – 16 kg otot.


Inge Permadhi, Dokter Spesialis Gizi Klinik, mengatakan untuk mendapatkan BMI yang ideal, perhatikan formula 4J (Jumlah, Jenis, Jadwal, dan Jurus Masak).

Cara Diet yang Baik dan Benar dengan 4J

4J pertama, harus memperhatikan jenis makanan. Makanan yang dikonsumsi harus bervariasi jenisnya, supaya tercukupi kebutuhan lemak, protein, mineral, vitamin, karbohidrat, serat dan cairan yang dibutuhkan tubuh. Dalam sehari sebaiknya mengonsumsi 3-4 porsi sayur, 2-3 porsi buah, 3-4 porsi padi-padian atau gandum, 2-3 porsi protein hewani dan nabati, serta 8 gelas cairan termasuk air putih.

Yang harus dibatasi penggunaannya,” tutur Inge.“Minyak, gula dan garam harus berada di tingkatan porsi.

4J kedua, jumlah makanan yang dimakan harus disesuaikan dengan kegiatan aktivitas fisik setiap harinya.

Konsumsi kebutuhan karbohidrat 55-60 persen dari total kalori, kebutuhan protein 15 persen dari total kalori, kebutuhan lemak yang sehat < 30 persen dari total kalori, serta kebutuhan vitamin dan mineral dari makanan sehat yang dikonsumsi seperti buah dan sayur.

Jika dibutuhkan “timbanglah berat badan dilakukan satu kali dalam seminggu, itu sudah cukup. Dan melakukannya diwaktu yang sama yaitu di pagi hari. Jangan menimbang setiap hari, ini hanya akan membuat Anda stres,” ujar Inge.

4J ketiga, adalah jurus masak, yaitu makanan yang akan dikonsumsi harus dimasak dengan yang benar, dengan cara diolah dengan cara dipanggang, ditim, direbus, dikukus, dan kurangi makanan yang diolah dengan cara digoreng.

4J keempat harus memperhatikan jadwal makan, yaitu konsumsi makanan harus sesuai yaitu 3 kali makan utama yang dapat ditambah dengan 2-3 kali snack. Jika waktu makannya tidak teratur akan berpotensi mengganggu fungsi lambung tubuh Anda, sehingga akan mengganggu BMI ideal Anda.

Menurut Inge, orang yang melupakan makan itu malah tidak bisa turun berat badannya, karena “Bobot tubuh ideal itu berkaitan dengan kesehatan metabolisme tubuh. Bagaimana mungkin kita bisa meningkatkan metabolisme kalau kita tidak makan,” tambahnya.

“Kalau kita ingin menurunkan berat badan, semua harus kita habiskan pada makan pagi, siang, dan malam. Artinya jangan sekali-kali tidak makan. Misalnya tidak makan malam, nanti makan paginya malah banyak,” ungkap Inge.

Demikian Cara Diet yang Baik dan Benar dengan 4J yang dapat Anda terapkan dalam memulai program diet Anda untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat.

Konsultasi Smart Detox:

Nawang Kasrini

WA: WA: 081572482424 :: WA: 0857-2095-4570

 

Leave a Reply