Cara Mengobati Hepatitis B, Penyebab dan Cegah Penularannya

Cara Mengobati Hepatitis B


Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh “Virus Hepatitis B” (VHB), yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati.

Dibandingkan virus HIV, virus Hepatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas (infectious), dan sepuluh kali lebih banyak (sering) menularkan. Kebanyakan gejala Hepatitis B tidak nyata. Penderita Hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua golongan umur

Gejala Hepatitis B

Penyebab Hepatitis ternyata tak semata-mata virus. Keracunan obat, dan paparan berbagai macam zat kimia seperti karbon tetraklorida, chlorpromazine, chloroform, arsen, fosfor, dan zat-zat lain yang digunakan sebagai obat  dalam industri modern, bisa juga menyebabkan Hepatitis. Zat-zat kimia ini mungkin saja tertelan, terhirup atau diserap melalui kulit penderita.

Pada umumnya, gejala penyakit Hepatitis B adalah ringan. Gejala tersebut dapat berupa selera makan hilang, rasa tidak enak di perut, mual sampai muntah, demam ringan, kadang-kadang disertai nyeri sendi dan bengkak pada perut kanan atas. Setelah satu minggu akan timbul gejala utama seperti bagian putih pada mata tampak kuning, kulit seluruh tubuh tampak kuning dan air seni berwarna seperti teh.

Partikel Hepatitis B

Ada 3 kemungkinan tanggapan kekebalan yang diberikan oleh tubuh terhadap virus Hepatitis B pasca periode akut.
1. Jika tanggapan kekebalan tubuh adekuat maka akan terjadi pembersihan virus, pasien sembuh.
2. Jika tanggapan kekebalan tubuh lemah maka pasien tersebut akan menjadi carrier inaktif.
3. Jika tanggapan tubuh bersifat intermediate (antara dua hal di atas) maka penyakit terus berkembang menjadi hepatitis B kronis.

 

SARAN PENYEMBUHAN DAN PENGOBATAN
1. Aktifitas Istirahat. Istirahat penuh selama terkena hepatitis B akut sampai penderita meraskan meredanya gejala-gejala hepatitis B, dan fungsi hati kembali normal.

2. Diet. Makan dalam porsi kecil tapi harus sering. Dianjurkan diet rendah lemak, tinggi karbohidrat. Jika pasien tidak nafsu makan, berikan infuse glukosa. Jika sudah mau makan, berikan makanan cukup kalori (30-35 kal / kg BB), cukup mengandung vitamin dan mineral.

manfaat kloropil synergy

3. Nutrisi. Berikan nutrisi untuk toksik hati yang bersifat melindungi hati.

4. Obat Tradisional.

•    Kunyit. Mampu merangsang dan menjaga kekebalan, bagus untuk pengumpulan darah.
•    Temulawak. Mampu melawan inflamasi, bisa menurunkan SGOT dan SGPT.
•    Tapak Liman. Mencegah dan menghilangkan radang, menetralkan racun.
•    Daun Sendok. Mengurangi radang dan melancarkan kencing, mampu membuang Asites.
•    Sambiloto. Melindungi liver, mencegah peradangan dan melancarkan buang air kecil.
Umumnya tanaman tersebut disajikan dengan cara direbus untuk diambil airnya. Banyak juga dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan air untuk diminum.

 

Partikel Hepatitis B

CEGAH PENULARANNYA
Hepatitis B merupakan bentuk Hepatitis yang lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan virus Hepatitis B ini menular.

  • Secara vertikal, cara penularan vertikal terjadi dari Ibu yang mengidap virus Hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan atau segera setelah persalinan.
    • Secara horisontal, dapat terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama (Hanya jika penderita memiliki penyakit mulut (sariawan, gusi berdarah,dll), lendir (berciuman) atau luka yang mengeluarkan darah serta hubungan seksual dengan penderita.

Sebagai antisipasi, biasanya terhadap darah-darah yang diterima dari pendonor akan di tes terlebih dulu apakah darah yang diterima reaktif terhadap Hepatitis, Sipilis dan HIV.

Sesungguhnya, tidak semua yang positif Hepatitis B perlu ditakuti. Dari hasil pemeriksaan darah dapat terungkap apakah ada riwayat pernah kena dan sekarang sudah kebal, atau bahkan virusnya sudah tidak ada. Bagi pasangan yang hendak menikah, tidak ada salahnya untuk memeriksakan pasangannya untuk menenularan penyakit ini.

Yang dicari dari search engine:

Leave a Reply