Cara Mengobati Hepatitis A, Gejala dan Menanggulangi Penularannya

Artikel kali ini membahas bagaimana cara mengobati hepatitis A, gejala dan menanggulangi penularannya.

Hepatitis (penyakit kuning) adalah peradangan pada hati yang terjadi karena virus. Ada lima virus hepatitis yang dikenal saat ini yaitu virus hepatitis A, B, C, D, dan E serta karena infeksi virus lainnya seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Selain virus tersebut di atas penyebab lainnya yang bukan virus (non-virus) adalah karena alcohol dan obat-obatan sehingga mengakibatkan kerusakan pada fungsi hati.

 

Virus Hepatitis

Jenis-jenis Virus Hepatitis

1. Virus hepatitis A (HAV), merupakan virus RNA dari family enterovirus. Menyebar melalui vecal oral. Penyebaran ini terjadi akibat buruknya tingkat kebersihan. Penyebarannya terjadi melalui air dan makanan.

2. Virus hepatitis B (HBV), Merupakan virus DNA yang berkulit ganda. ditularkan melalui darah atau produk darah. Penularan biasanya terjadi di antara para pemakai obat yang menggunakan jarum suntik bersama-sama, atau di antara mitra seksual (baik heteroseksual maupun pria homoseksual).  Ibu hamil yang terinfeksi oleh hepatitis B bisa menularkan virus kepada bayi selama proses persalinan

3. Virus hepatitis C (HCV), merupakan virus RNA kecil yang terbungkus lemak.  Menyebabkan minimal 80% kasus hepatitis akibat transfusi darah. Sering ditularkan melalui pemakai obat yang menggunakan jarum bersama-sama. Jarang terjadi penularan melalui hubungan seksual. Untuk alasan yang masih belum jelas, penderita “penyakit hati alkoholik” seringkali menderita hepatitis C.

4. Virus hepatitis D (HDV), merupakan virus RNA detektif yang membutuhkan adanya virus hepatitis B. Hanya terjadi sebagai rekan-infeksi dari virus hepatitis B. Virus hepatitis D ini menyebabkan infeksi hepatitis B menjadi lebih berat. Yang memiliki risiko tinggi terhadap virus ini adalah pecandu obat.

5. Virus hepatitis E (HEV), merupakan virus RNA rantai tunggal yang tidak terselubung.  Terkadang menyebabkan wabah yang menyerupai hepatitis A, yang hanya terjadi di negara-negara terbelakang.
Biasanya yang banyak dijumpai di Negara Indonesia adalah hepatitis A, B dan C.

Hepatitis A

Hepatitis A adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh kotoran/tinja penderita; biasanya melalui makanan (fecal – oral), bukan melalui aktivitas seksual atau melalui darah. Hepatitis A paling ringan dibanding hepatitis B dan C sehingga tidak akan menyebabkan kanker hati. Meski demikian, Hepatitis A tetap harus diobati dengan baik karena mengurangi produktivitas bagi yang harus dirawat di rumah sakit.

Secara umum, gejala yang timbul dari penyakit hepatitis adalah :
1. Demam yang terus menerus
2. Muntah-muntah sehingga badan jadi lemas
3. Mudah lelah, merasa lemah, letih, lesu
4.    Nyeri otot
5.    Nafsu makan mengalami penurunan, sehingga berat badan menjadi berkurang
6.    Nyeri perut atau rasa tidak nyaman, terutama di daerah hati (pada sisi kanan bawah tulang rusuk)
7.    Bagian warna putih pada mata akan menguning
8.    Air seni berwarna kuning kecoklatan

 

SARAN PENYEMBUHAN DAN PENGOBATAN
Cara mengobati hepatitis A sangat mudah, tidak ada pengobatan yang spesifik untuk Hepatitis A, sebab infeksinya sendiri biasanya akan sembuh dalam 1-2 bulan. Dua minggu setelah gejala pertama atau 1 minggu setelah penyakit kuning muncul, pasien harus menjaga kebersihan. Dan lebih baik dirawat dirumah sakit agar mendapat bantuan medis yang memadai.

Chlorophyl Minuman Sehat

1. Perilaku hidup bersih seperti mencuci tangan pakai sabun sebelum makan dan sesudah dari toilet adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri terhadap virus Hepatitis A.

2. Orang yang dekat dengan penderita mungkin memerlukan terapi immunoglobulin, supaya tidak tertular hepatitis A.

3. Imunisasi hepatitis A, dilakukan dua kali, yaitu vaksinasi dasar dan booster yang dilakukan 6-12 bulan kemudian

4. Istirahat. Tujuannya untuk memberikan energi yang cukup bagi sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi.

5. Anti mual. Salah satu dampak dari infeksiHhepatitis A adalah rasa mual, yang mengurangi nafsu makan. Dampak ini harus diatasi karena asupan nutrisi sangat penting dalam proses penyembuhan.

6. Istirahatkan hati. Fungsi hati adalah memetabolisme obat-obat yang sudah dipakai di dalam tubuh. Karena hati sedang mengalami sakit radang, maka obat-obatan yang tidak perlu serta alkohol dan sejenisnya harus dihindari selama sakit.

 

CEGAH PENULARANNYA

Dikarenakan penyakit hepatitis termasuk dalam kategori penyakit menular, maka  beberapa tips berikut bisa membantu agar terhindar dari penyakit hepatitis :
–    Hindari kontak langsung dengan penderita hepatitis, termasuk kontak melalui cairan (ludah, sperma)
–    Gunakan alat suntik sekali pakai
–    Lakukan imunisasi aktif hepatitis
–    Konsumsi makanan bergizi
–    Menjaga kebersihan

 

 

Yang dicari dari search engine:

Leave a Reply