Gejala Sakit Kanker dan Faktor Penyebabnya

Pembahasan tentang gejala-gejala dan faktor-faktor penyebab mengapa orang terserang penyakit kanker. Penyakit kanker adalah penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh, yang kemudian berubah menjadi sel kanker.

Dari berbagai kasus yang pernah ada, penyakit ini dapat menimpa semua orang, baik pria maupun wanita, tua maupun muda, tetapi lebih sering menyerang orang dengan usia 40 tahun, disamping itu kanker juga dapat menyerang ke setiap bagian tubuh manusia. Oleh karena itu penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Beberapa penderita berhasil sembuh dari penyakit ini, namun tidak sedikit juga yang meninggal.

Sebagian masyarakat mengenal kanker sebagai tumor, padahal pada kenyataannya tidaklah demikian karena tidak semua tumor adalah kanker. Tumor dibagi menjadi 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Nah, kanker adalah istilah umum untuk tumor ganas.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit kanker:

  • Kanker Payudara
  • Kanker Sisters
  • Kanker Serviks
  • Kanker Kulit
  • Kanker Mulut
  • Kanker Rahim
  • Kanker Otak
  • Kanker Tenggorokan
  • Kanker Lidah
  • Kanker Paru-paru

Kanker serviks

Sebetulnya, penyebab pasti penyakit kanker belum diketahui karena setiap jenis kanker mempunyai karakteristik dan gejala yang sangat spesifik. Dan biasanya, sebelum kanker meluas dan merusak jaringan disekitarnya, tanda-tanda kanker sering tidak terasa atau tidak ada keluhan oleh penderita. Kalaupun ada keluhan, biasanya penyakitnya sudah stadium lanjut. Deteksi dini adalah langkah awal yang sangat dianjurkan untuk mencegah penyakit ini.

Dari berbagai sumber, kami rangkum beberapa gejala umum kanker :
–    Adanya gangguan pada waktu buang air besar atau air kecil, misalnya berdarah
–    Terjadi penurunan berat badan yang signifikan tanpa sebab yang jelas
–    Gangguan pada alat pencernaan
–    Batuk yang tak kunjung sembuh, suara serak, susah menelan
–    Tahi lalat yang membesar dan gatal serta berubah warna
–    Demam dan nyeri
–    Penderita mengalami pendarahan hebat
–    Terdapat bintik putih pada lidah
–    Muncul benjolan pada payudara atau bagian tubuh lain
–    Luka koreng atau borok yang tak kunjung sembuh

Beberapa factor yang menjadi penyebab penyakit kanker adalah :
1.    Faktor keturunan
Seseorang mempunyai resiko terkena kanker payudara 3x lipat jika orang tuanya atau saudara yang lainnya pernah menderita kanker payudara.

2.    Faktor lingkungan
Lingkungan perokok, dapat memicu kanker paru-paru, kanker pita suara dan kanker mulut. Sinar ultraviolet dari matahari memicu kanker kulit.

3.    Faktor makanan
Makanan yang sudah lama disimpan dan berjamur  dapat meningkatkan resiko terserang kanker hati, sedangkan makanan yang diasap atau diasamkan meningkatkan resiko terkena kanker lambung. Kanker kerongkongan dipicu oleh minuman yang banyak mengandung alkohol.

4.    Faktor emosional
Stress, marah-marah dan kebencian serta selalu emosi memicu terkena kanker.

5.    Faktor hormon
Pemberian hormon tertentu yang berlebihan dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara, kanker prostat dan kanker indung telur.

6.    Virus
Beberapa virus disinyalir sebagai penyebab kanker, virus papilloma sebagai penyebab kanker leher rahim dan menyebabkan adanya kutil pada alat kelamin, virus hepatitis B sebagai penyebab kanker hati.