Gejala Hipertensi (Hypertension), Penyebab, Pemicu dan Cara Pengendaliannya

Gejala Hipertensi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang berkaitan dengan kelainan jantung dan pembuluh darah yang ditandai dengan adanya peningkatan tekanan darah. Peningkatan darah sistolik lebih dari 140 mmHg, normalnya antara 100-140 mmHg pada saat istirahat sedangkan tekanan darah diastolic lebih dari 90 mmHg , normalnya berkisar antara 60-90 mmHg.

Orang bisa dikatakan menderita hipertensi jika kondisi tekanan darahnya berada pada angka 140/90 mmHg atau lebih secara terus menerus.

Beberapa gejala yang sering timbul akibat hipertensi adalah sakit kepala, tengkuk terasa berat dan kaku, vertigo (kepala berputar), jantung berdegup kencang dan berdebar-debar, mual, muntah, sesak nafas, mudah lelah, penglihatan kabur, mimisan dan nyeri di bagian dada.

 

 

Penyebab Hipertensi

Hipertensi dikategorikan menjadi hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Pada hipertensi primer, hampir sebagian besar penderitanya tidak diketahui penyebabnya, namun pada hipertensi sekunder dapat diketahui penyebabnya, antara lain yaitu :
– Adanya penyakit ginjal dan kelainan hormonal
Kegemukan (obesitas)
Kurang aktif bergerak/olah raga
– Konsumsi garam yang berlebihan
– Stress
– Konsumsi minuman beralkohol

 

Makanan Pemicu Hipertensi

Ada beberapa makanan yang memicu terjadinya hipertensi, antara lain yaitu : makanan kaleng (kornet, sarden, sosis), makanan yang diawetkan (ikan asin, telur asin, abon, dendeng, asinan), makanan yang mengandung alcohol dan fermentasi (durian, tape) dan beberapa bumbu (terasi, bumbu penyedap, tauco, kecap, saus tomat/sambal).
Nah, dengan mengetahui adanya factor pencetus hipertensi, maka sebaiknya kita melakukan pencegahan sehingga kita dapat terhindar dari penyakit tersebut.

 

Pengendalian Hipertensi

Hipertensi primer tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi. Mengubah gaya hidup atau pola hidup adalah langkah awal yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit ini. Berikut adalah tips nya :
– Mengurangi konsumsi garam dan minuman beralkohol
Perbanyak olah raga/aktif bergerak (jogging, bersepeda,jalan)
Menurunkan berat badan
– Mengurangi konsumsi makanan yang berlemak
– Berhenti merokok
– Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur
– Mengurangi minum minuman yang mengandung kafein
– Istirahat yang cukup dan kendalikan stress

 

Yuk..!! KOnsultasi langsung dengan Ahli Gizi dan Programmer Pelangsingan Tubuh. Add WA: BB untuk dapat tipsnya setiap hari 081572482424

 

 

Yang dicari dari search engine: