Gejala Asam Urat, Penyebab, Pantangan dan Pencegahannya

Gejala-gejala penyakit asam urat, makanan yang dapat mengakibatkan penyakit Asam Urat termasuk makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit Asam Urat. Selain itu akan diulas juga mengenai cara pencegahan penyakit Asam Urat.

Asam urat adalah merupakan zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Kelebihan atau kekurangan kadar asam urat dalam darah menjadi indikasi adanya suatu penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Dalam kondisi normal, zat ini umumnya akan dibuang oleh ginjal melalui air seni. Penyakit asam urat biasanya diderita oleh pria diatas usia 40 tahun dan wanita yang sudah mengalami menopause.

Penyakit asam urat diakibatkan oleh konsumsi zat purin yang berlebihan. Purin adalah suatu zat alami yang terkandung dalam sel-sel tubuh manusia dan juga terkandung hampir disemua makanan. Kelebihan zat asam urat ini akan menumpuk dan tertimbun di persendian-persendian (sendi jari kaki, lutut, jari tangan, pergelangan tangan, siku dan tumit) dan ginjal dalam bentuk kristal, sehingga menyebabkan rasa nyeri, bengkak, panas, kaku dan meradang. Jika tumpukan kristal itu ada di ginjal dan di bagian kemih maka akan mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

 

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala-gejala awal penyakit asam urat sangatlah penting untuk diketahui baik bagi para penderita penyakit asam urat atau oleh orang yang sehat sekalipun agar gejala-gejala awal tersebut tidak merembet ke gejala yang lebih parah lagi (kronis).

1. Peradangan Asam Urat akut. Penderita akan mengalami serangan artritis (Arthritis), yang secara berangsur-angsur akan menghilang dengan sendirinya dalam jarak waktu 5-7 hari. Artritis adalah suatu proses inflamasi yang terjadi karena deposisi kristal asam urat pada jaringan sekitar sendi.

2. Artritis Gout Akut Intermiten. Penderita akan mengalami serangan kambuhan, dimana serangan tersebut akan semakin sering dan sakitnya betahan lama. Serta menyerang ke sendi-sendi yang lainnya.

3. Artritis gout kronik bertofus. Terjadi benjolan-benjolan disekitar sendi-sendi yang meradang (tofus). Tofus berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang terbentuk dari menumpuknya monosodium urat.

 

Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat

Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari atau bisa dikatakan sebagai pantangan bagi penderita asam urat, karena makanan ini mengandung zat purin yang tinggi :
– Jeroan : usus, babat, hati, paru, limpa, otak, ginjal
– Biji melinjo, daun melinjo dan emping melinjo
– Seafood : udang, kerang, cumi-cumi, tiram, kepiting, ikan teri
– Sayuran : kangkung, bayam, kol, daun singkong, asparagus
– Buah-buahan tertentu : durian, alpukat, es kelapa dan nanas
– Makanan kaleng : kornet sapi, sarden
– Ekstrak daging : abon, dendeng
– Kacang-kacangan dan hasil olahannya: kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, tempe, tauco, oncom, tauge
– Makanan yang kaya akan protein dan lemak

 

Pencegahan Penyakit Asam Urat

Berikut ini adalah cara pencegahan munculnya penyakit asam urat atau hal-hal umum yang yang harus dilakukan oleh penderita asam urat guna menurunkan kadar asam urat dalam tubuh :
–    Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, seperti yang telah disebutkan di atas.
–    Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari
–    Kendalikan stress dan istirahat yang cukup
–    Hindari minum minuman beralkohol dan minuman fermentasi
–    Kurangi minum minuman yang mengandung kafein (kopi, the, soft drink)
–    Atur pola makan, sehingga terhindar dari kelebihan berat badan (obesitas)
–    Jangan minum obat sembarangan
–    Perbanyak konsumsi karbohidrat (nasi, singkong, roti, ubi)
–    Olah raga secara teratur. baca Olah raga ala Smart Detox


 

Yuk..!! Konsultasi langsung dengan Ahli Gizi dan Programmer Pelangsingan Tubuh. Add WA: BB untuk dapat tipsnya setiap hari 081572482424

 

Kami akan senantiasa memberikan solusi terbaik buat kesehatan Anda

Yang dicari dari search engine:

Leave a Reply