Menu Diet Sehat di Bulan Puasa Ramadhan 1436 H

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai cara diet sehat alami selama bulan puasa, yang di bahas pada artikel itu adalah cara diet secara global. Kali ini saya akan berbagi pengalaman dengan Anda untuk membahas hal yang lebih spesifik, yaitu Menu Diet Sehat di Bulan Puasa Ramadhan 1436 H.

Di bulan puasa penuh rahmat ini umat muslim berpuasa makan, minum, menahan amarah dan nafsu. Harus diperhatikan bahwa kebanyakan orang akan melakukan “balas dendam” ketika saat berbuka puasa, dimana mereka akan makan apa saja yang mereka inginkan. Esensi dari puasa itu sendiri seakan terlupakan, dimana puasa adalah untuk melatih diri untuk hidup sederhana.

Kondisi tersebut tentunya berakibat buruk bagi kesehatan anda, terutama bagi anda yang mempunyai tubuh gemuk atau obesitas, karena berbuka puasa seperti itu justru meningkatkan berat badan anda saat puasa. Jadi tak heran jika banyak orang yang berat badannya naik setelah usai melakukan puasa di Bulan Ramadhan.

Jangan pernah berfikir bahwa puasa di bulan Ramadhan malahan akan membuat tubuh Anda tambah gemuk. Anda tentunya menginginkan puasa berjalan lancar tanpa mengganggu program penurunan berat badan Anda. Untuk mengatasi perut buncit / kegemukan, ada baiknya kita memilih menu buka puasa untuk diet.

Pemilihan menu secara pintar pada program diet Anda selama bulan puasa Ramadhan, akan membantu Anda menjaga dan bahkan menurunkan berat badan seusai puasa. Berikut adalah menu buka puasa untuk diet yang dapat anda lakukan.

Menu Buka Puasa Untuk Diet

Seperti telah kita ketahui bersama, banyak sekali tawaran makanan yang memikat kita di bulan puasa. Banyak menu makanan yang seakan-akan kita susah untuk menolaknya. namun anda harus jeli memilihnya. Pilihlah makanan sehat yang dapat me-recovery stamina anda tanpa takut akan perut buncit. Berikut adalah menu buka puasa untuk diet.
1. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Daging Sapi
Ada bagian daging sapi yang memiliki BCAA tinggi yaitu pada bagian topside atau round, yang terletak di paha belakang dekat pantat.

2. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Ikan
Konsumsi makanan yang mempunyai kandungan protein yang tinggi. Ikan tuna, salmon, cod, hingga makarel memiliki BCAA yang tinggi dengan kandungan asam lemak omega 3. Zat ini bagus untuk memperbaiki fungsi otak hingga mengurangi lemak dan kolesterol dalam darah.

3. Menu Buka Puasa Untuk Diet dengan Karbohidrat Kompleks dan Air Putih
Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya vitamin serta minumlah air putih banyak-banyak untuk menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Misal, setelah minum air putih, makanlah kurma atau buah secukupnya, kemudian dilanjutkan dengan makanan berat setelah sholat maghrib.

Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks:
– Kacang-kacangan (kacang merah, kacang hitam dan kedelai)
– Buah (jeruk, pir, anggur dll)
– Sayur (Brokoli, kol, kangkung, lobak hijau, terong, kentang, ubi, kentang, wortel, bawang, segala jenis selada, seledri, ketimun, kubis, artichoke dan asparagus)
– Biji-bijian (gandum dan beras merah)

Tidak perlu khawatir untk konsumsi jenis karbohidrat jenis ini, Karbohidrat kompleks tidak menaikkan gula darah secara drastis seperti halnya Anda minum segelas teh manis.

4. Menu Buka Puasa Untuk Diet Dengan Rumput Laut
Rumput laut kaya dengan serat yang bagus untuk pencernaan dan mengurangi tumpukan racun dalam usus. Kandungan fitokimia di dalamnya membantu tubuh tetap sehat.
Jika kita perhatikan menu diet di bulan puasa Ramadhan seperti di atas sangat sederhana dan mudah bukan ? Selain mengkonsumsi menu buka puasa untuk diet diatas, anda juga harus menghindari makanan dan minuman saat berbuka puasa untuk menjaga kesehatan serta berat badan agar tidak naik.

Berikut adalah makanan dan minuman yang harus dihindari saat berbuka puasa:

1. Makanan yang harus dihindari yaitu Makanan Berlemak
Anda tentu sudah tau bukan kalau makanan berlemak dapat mengakibatkan kegemukan?? Salah satu jenis makanan berlemak adalah gorengan dan fast food.

2. Hindari Minuman Bersoda
Minuman bersoda dapat menyebabkan gangguan pada perut yang berakibat pada terganggunya sistem pencernaan tubuh. Hal itu dikarenakan air soda sangat mudah menyerap air, itulah mengapa meskipun kita banyak minuman bersoda, tubuh kita tidak akan merasa kenyang dan juga tidak akan meredakan rasa haus. Dengan meminum minuman bersoda yang ada justru kita akan menjadi lebih mudah merasakan haus.

3. Hindari Makanan dan Minuman Bersantan
Makanan dan minuman bersantan mengandung kolesterol yang tinggi. Jika anda mengkonsumsi makanan dan minuman bersantan, kadar kolesterol anda juga meningkat yang menyebabkan tekanan darah naik (hipertensi), serta kadar gula darah melambung dan penyakit lainnya.

4. Minuman yang harus dihindari yaitu Minuman es
Saat berbuka hindari kebiasaan minum air es karena air es menyebabkan konstraksi pada lambung. Selain itu juga dapat menahan lapar sehingga nafsu makan anda akan turun. Akibatnya adalah makanan menu buka puasa untuk diet diatas tidak tersantap, sehingga mengurangi asupan nutrisi yang diperlukan.

Itulah menu buka puasa untuk diet serta pantangan saat berbuka puasa. Dengan menjalankan menu buka puasa untuk diet tersebut, puasa anda akan berjalan lancar, tubuh tetap fit sepanjang hari dan tidak kalah pentingnya, diet juga tetap jalan, sehingga berat badan tidak akan naik seusai bulan puasa.

Sampai di sini dulu pembahasaan mengenai “Menu Diet Sehat di Bulan Puasa Ramadhan 1436 H”, semoga bermanfaat. Apabila anda memiliki tips menu buka puasa untuk diet, ada baiknya jika anda berbagi dengan kami melalui komentar dibawah ini.

 

SMAR DETOX SELAMA BULAN PUASA RAMADHAN

Synergy USA sangat peduli dan memperhatikan event di setiap negara, pun demikian dengan bulan Puasa Ramadhan bagi umat Muslim. Untuk itu untuk memperlancar dan mempercepat program pelangsingan badan pola makan bagi yang sedang melakukan diet smart detox polanya ada sedikit perubahan bagi yang sedang berpuasa, yaitu:

Ramadhan POLA 2

* Sahur (bangun tidur)
– Liquid Chlorophyl 15ml (1 sendok makan) dengan 1x gelas air putih 250-300ml
– Menu makan buat Sahur NUTRITIONAL SHAKE yaitu Campur Maximum Protein 2x scoop dan Nutriburst 2x scoops dengan 400 ml air putih dingin, minum perlahan.
– Menjelang Imsak minum spirulina 3-6 kapsul

* Buka Puasa (Beduk Magrib)
– Liquid Chlorophyl 15 ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih dingin 250-300 ml
– Minum ProArgi9 Plus 1 sachet aduk dengan air putih 250-300 ml
– Menu makan buat buka puasa, makan dengan porsi setengah, hindari garam, gorengan dan bakar.

* Sehabis teraweh (bila lapar)
Minum NUTRITIONAL SHAKE yaitu Campur Maximum Protein 1x scoop dan Nutriburst 1x scoops dengan 300 ml air putih dingin, Minum perlahan.

* Camilan Malam
– Liquid Chlorophyll 15 ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih 250-300 ml
– Spirulina 3-6 kapsul, bila lapar makan buah yang anda sukai.

* Sebelum tidur ProArgi9 Plus 1 sachet aduk dengan air putih 250-300ml

 Ramadhan POLA 3

* Sahur (bangun tidur)
– Liquid Chlorophyll 15 ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih 250-300ml
– Menu makan buat sahur Minum NUTRITIONAL SHAKE yaitu Campur Maximum Protein 2 scoops dan Nutriburst 2 scoops dengan 400ml air putih dingin, Minum perlahan
– Menjelang Imsak minum Spirulina 3-6 kapsul.

* Buka Puasa (Beduk Magrib)
– Liquid Chlorophyl 15ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih dingin 250-300ml
– Minum ProArgi9 plus 1 sachet aduk dengan air putih 250-300ml
– Menu makan buat buka puasa, NUTRITIONAL SHAKE yaitu Campur Maximum 2 scoops dan Nutriburst 2 scoops dengan 400 ml air putih dingin, minum perlahan.

* Camilan Malam
– Liquid Chlorophyll 15ml (1 sendok makan) dengan 1 gelas air putih 250-300ml
– Spirulina 3-6 kapsul, bila lapar makan buah yang anda sukai.

* Sebelum tidur ProArgi9 Plus 1 sachet aduk dengan air putih 250-300ml


 

Konsultasi Gratis dan Pemesanan

Telpon atau Chat WA saya sekarang juga..!!
Phone : 0815 7248 2424
WA: BB : 081572482424

 


 

Leave a Reply