Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Kadar Kolesterol Tinggi

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Kadar Kolesterol Tinggi.

Kita semua tahu, semua organ, jaringan dan sel di dalam tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk hidup. Setiap sel tidak bisa hidup tanpa asupan nutrisi dan oksigen yang cukup. Mereka akan mengalami kerusakan atau bahkan disfungsi organ tertentu. Semuanya sangat bergantung pada system peredaran darah, yaitu jantung, saluran pembuluh darah, organ dan darah itu sendiri.

Posisi vital kolesterol ada di situ. Jika kadar kolesterol Anda tinggi atau berlebih, maka secara otomatis akan terjadi penimbunan kolesterol dalam saluran pembuluh darah. Timbunan kolesterol itu semakin lama akan mengeras dan menjadi kerak-kerak kolesterol atau bahawa ilmiahnya adalah Mucoid Plaque. Anda pasti bisa bayangkan bagaimana jika kerak kolesterol itu selalu bertambah setiap harinya. Pembuluh darah Anda akan mengalami kebuntuan.

Sebab itulah kolesterol tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti stroke, jantung, impotensi, dan penyakit-penyakit lainnya. Itu karena ia melakukan penyumbatan pada saluran pembuluh darah. Jika saluran pembuuh darah yang menuju otak tersumbat, maka akan terjadi stroke (kerusakan sel otak). Apabila terjadi sumbatan pada saluran pembuluh darah yang menuju ke organ alat vital, maka yang terjadi adalah
impotensi, dan begitu seterusnya dengan organ-organ yang lain.

Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Kadar Kolesterol Tinggi

Berikut ini adalah 5 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Kadar Kolesterol Tinggi. Seperti kita ketahui, kadar kolesterol yang melebihi normal akan merugikan tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

1. Jantung Koroner Gagal Jantung
Tingginya kadar kolesterol dalam darah adalah salah satu pemicu timbulnya penyakit jantung koroner, yang sering disebut juga dengan istilah gagal jantung. Kolesterol jahat LDL yang menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri koroner membentuk plak yang disebut atherosklerosis. Sehingga, terjadi penyumbatan pembuluh darah yang mempersempit dan menghambat aliran darah dan oksigen ke jantung. Kemudian timbullah gejala-gejala penyakit jantung seperti nyeri dada, sesak napas, detak jantung yang tidak beraturan, keringat dingin, dsb.

2. Penyakit yang Menyerang Kepala, seperti Migrain dan Vertigo
Kadar kolesterol yang tinggi (hiperkolesterolemia) dan kelebihan lemak darahtrigliserida (hipertrigliseridemia) membuat aliran darah di dalam otak menjadi lebih lambat dan membuat darah mengental. Hal ini menyebabkan munculnya keluhan tertentu pada kepala, seperti rasa pusing, sakit kepala sebelah (migrain), rasa pusing berputar (vertigo).

3. Stroke
Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah yang kemudian menumpuk pada dinding pembuluh darah arteri carotid mengakibatkan terbentuknya plak. Pembuluh darah arteri carotid adalah pembuluh darah yang melayani otak. Terbentuknya plak pada pembuluh darah ini menyebabkan kurangnya suplai darah dan oksigen ke otak. Lambat laun, hal ini akan memicu stroke.

4. Xanthomas
Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan munculnya endapan kolesterol. Endapan kolesterol ini membentuk benjolan kulit kuning, lembut, dan sedikit terangkat yang kemudian disebut xanthoma. Penyakitnya disebut xanthomas. Pada umumnya, xanthoma terdapat pada kelopak mata. Namun, dapat pula muncul pada daerah lain pada tubuh jika
kadar lemak darah terlalu tinggi (xanthoma erupsi).

 

5. Impotensi

Disfungsi ereksi yang berat umumnya disebabkan perpaduan antara penyakit fisik seperti kolesterol tinggi dengan masalah psikis. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa selain faktor psikis, impotensi juga bisa disebabkan oleh faktor fisik atau karena adanya penyakit di dalam tubuh. Dan salah satu penyakit yang menyebabkan terjadinya impotensi adalah kolesterol tinggi.

Jika pembuluh darah pada penis sehat maka kualitas ereksi akan semakin baik. Sebaliknya jika kondisi pembuluh darah tidak bagus maka kualitas ereksi juga akan terganggu. Jika terjadi penyempitan pembuluh darah di lokasi organ genital maka ereksi tidak mungkin terjadi.

Salah satu penyebab kerusakan pembuluh darah di daerah penis adalah adanya kolesterol tinggi, diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Penyakit-penyakit tersebut secara langsung menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang lambat laun akan mengganggu fungsi ereksi.

Dari 5 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Kadar Kolesterol Tinggi di atas, kesemuanya adalah penyakit serius dan dapat mematikan. Maka, sudah selayaknya kita sebisa mungkin menjaga kadar kolesterol tubuh kita tetap normal.

Pola makan yang baik adalah cara pintar untuk tetap hidup sehat. Mengkonsumsi Nutrisi alami adalah cara terbaik.

Yuk.. Konsultasi langsung dengan konsultan dan Ahli Gizi, Add WA: BB 081572482424 untuk mendapatkan tips SEHAT setiap hari.

Leave a Reply