Penyakit Kulit Vitiligo, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

Apa Penyakit Kulit Vitiligo itu ?
Berikut ini akan dibahas mengenai apa itu penyakit kulit Vitiligo, Penyebab, dan Cara Pengobatannya. Jika Anda telah didiagnosa dengan penyakit kulit Vitiligo, Anda mungkin ingin tahu tentang gangguan autoimun ini. Vitiligo adalah nama yang diberikan untuk suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya pigmen pada kulit, rambut dan bahkan warna mata. Pada kulit biasanya warnanya lebih putih dari warna kulit normal.

Penyakit kulit vitiligo

Apa Penyebab Hilangnya  Pigment pada Kulit ?
Melanin adalah senyawa yang berperan dalam memproduksi warna dan ketika produksi melanin terganggu, kulit kita akan mulai mengalami kehilangan pigmen. Para Dokter memiliki beberapa teori tentang bagaimana dan mengapa hal ini terjadi tetapi mereka tidak memiliki bukti konkret  apa yang menyebabkan penyakit kulit Vitiligo. Berikut teori-teori terkemuka :

1. Autoimun – Gangguan autoimun mulai menyerang jaringan sel. Selama terjadinya serangan ini, tubuh Anda merespon dalam berbagai cara tergantung pada kondisi tubuh Anda. Jika Anda memiliki penyakit kulit Vitiligo maka sistem kekebalan tubuh mulai menyerang melanosit.  Melanosit adalah sel-sel yang bertanggung jawab untuk membuat melanin dan ketika tingkat melanin menurun, maka kulit Anda mulai kehilangan warnanya.

2. Autotoxic – Jika penyebabnya adalah autotoxic itu berarti zat beracun yang ada dalam tubuh kita  merusak kualitas melanosit untuk memproduksi melanin. Hasilnya adalah sama dengan kondisi automimmune mengakibatkan hilangnya warna.

3. Neural – Tubuh Anda dimasuki banyak bahan kimia yang bermacam-macam yang berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan diyakini beberapa bahan kimia seperti norepinefrin dapat menjadi racun bagi melanosit, menghentikan atau membatasi jumlah melanin yang mereka hasilkan.

Sementara ini ada beberapa kemungkinan penyebab penyakit kulit Vitiligo, beberapa pasien telah mengalami gangguan ini ketika mereka setelah mengalami sakit akibat za-zat kimia yg masuk dalam tubuh, luka bakar atau peristiwa traumatis dengan dampak psikologis.

penyakit kulit vitiligo tangan, pigment lose

Gangguan Autoimun
Gangguan autoimun tidak sepenuhnya bisa dipahami  dan masih sedang diteliti. Lebih dari 80 jenis gangguan autoimun telah diidentifikasi, Gangguan Autoimun telah menyerang delapan persen dari populasi dunia dengan mayoritas perempuan sebagai korbannya.

Hasil Diagnosa
Sebuah perbedaan warna kulit atau bagian kulit tertentu terlihat berbeda dari kulit lainnya tidak secara otomatis bisa dikatakan penyakit kulit Vitiligo. Banyak hal yang dapat mempengaruhi hilangnya warna secara sementara pada kulit Anda, seperti kena cairan zat kimia dan terkena teriknya matahari. Jika muncul perubahan kulit dalam waktu yang cukup lama, berkonsultasilah dengan Dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.  Woods Lamp atau tes darah adalah cara yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit kulit Vitiligo secara akurat.  Penyakit kulit Vitiligo dapat muncul kapanpun, tetapi kebanyakan kasus penyakit kulit Vitiligo terjadi sebelum usia 20 tahun.

Perawatan Kulit
Anda memiliki banyak pilihan ketika datang ke tempat perawatan kulit. Anda harus memilih terapi yang cocok untuk Anda setelah mengetahui jenis penyakit kulit Vitiligo yang Anda miliki dan cara terbaik untuk mengobatinya dengan mempertimbangkan kualitas hidup Anda. Pentingnya kualitas hidup Anda tidak bisa dianggap remeh karena penyakit kulit Vitiligo adalah lebih dari sebuah kondisi psikologis, karena tidak memiliki efek fisik kecuali hilangnya pigmen. Sama seperti gangguan penyakit lainnya, Anda akan menerima tawaran obat untuk penyakit kulit Vitiligo, yaitu dengan menggunakan lotion, ramuan dan peralatan berteknologi tinggi. Yang benar adalah Anda berkomunikasi atau mencari informasi dari orang-orang yang mengalami gangguan penyakit kulit Vitiligo dan sudah sembuh total dari gangguan tersebut (Testimoni), seperti cara diet dan mengatur pola makan yang sehat.

Beberapa alternative pengobatan penyakit kulit vitiligo yang bisa dilakukan, seperti:
1.    Obat topikal – steroid dan vitamin D
2.    Sistemik obat – steroid dan psoralens
3.    Fototerapi – seperti laser excimer dan band UVB sempit
4.    Bedah – pencangkokan kulit dan melanosit transplantasi
5.    De-pigmentasi – pemutihan kulit berpigmen jika Vitiligo meliputi sebagian besar kulit Anda
6.    Camouflage – menggunakan kosmetik
7.    Terapi Alternatif – penggunaan TCM (Traditional Chinese Medicine), terapi Ayurvedic dan metode non-tradisional lainnya
8.    Konseling dan dukungan – terapi untuk belajar mekanisme koping dan efek psikologis dari penyakit kulit Vitiligo.
Apapun pengobatan penyakit kulit Vitiligo, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda.

Pengobatan Vitiligo
Walaupun penyakit kulit Vitiligo tidak memiliki obat yang pasti seperti yang dijelaskan di atas, namun ada langkah-langkah tertentu yang dapat Anda ambil untuk mengontrol penyakit kulit Vitiligo Anda.
Dan langkah terbaik dan sederhana adalah mengontrol diet Anda.
Tapi mengendalikan diet jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Anda mungkin tidak menyadari juga bahwa lingkungan di mana Anda tinggal sekarang, mungkin benar-benar menjadi penghalang besar untuk usaha Anda mengikuti diet Vitiligo.

Hal yang paling tidak bisa dihindari adalah kondisi polusi lingkungan di sekitar Anda, jika tingkat polusi tingga, maka polusi tersebut akan membuat penyakit kulit Vitiligo Anda lebih parah.

Satu-satunya cara terhindar dari polusi lingkungan adalah Anda harus menjauhi lingkungan tersebut dan tinggal di tempat yang tingkat polusinya rendah sehingga Anda bisa memulai untuk diet Vitiligo dengan benar.

Anda mungkin tidak menyukai gagasan pindah, tetapi dalam jangka panjang, itu akan membuat kulit Anda menjadi lebih baik.

Setelah Anda berada di lingkungan yang bersih, sekarang saatnya untuk fokus pada diet Vitiligo Anda.  Ajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri:

1. Apa jenis makanan yang Anda makan setiap hari?
2. Seberapa sering Anda makan jenis-jenis makanan tersebut?

Untuk diet Vitiligo, Anda harus menghindari jenis makanan tertentu. Ini adalah sesuatu yang banyak dokter dan praktisi kesehatan sarankan kepada pasien-pasiennya. Ada 2 hal penting yang harus Anda ingat ketika berpikir untuk melakukan diet Vitiligo. Hal pertama adalah alergi makanan dan kedua antioksidan.

Anda harus mengetahui makanan apa saja yang bisa membuat Anda alergi, karena alergi ini dapat memperparah kondisi penyakit kulit vitiligo Anda. Ada sebuah tes sederhana untuk bisa mengetahui makanan apa saja yang membuat Anda alergi terhadap makanan tersebut. Anda harus melakukan ini di dokter kulit Anda jika memang Anda serius untuk menyembuhkan penyakit kulit vitiligo Anda.

Antioksidan membantu tubuh dalam menyingkirkan radikal bebas. Anda perlu meningkatkan asupan antioksidan ke dalam tubuh. Untuk melakukan ini, Anda dapat meningkatkan asupan sayuran segar dan buah-buahan dan nutrisi yang seimbang.

Jaga pola makan Vitiligo Anda sealami mungkin.

Tidak ada jaminan bahwa penyakit kulit Vitiligo akan sembuh. Tapi mengendalikan diet Anda pasti bisa membantu dalam mengendalikan Vitiligo.

Dan bagian terbaik tentang diet Vitiligo adalah bahwa Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang. Diet Vitiligo adalah pengobatan alami yang baik untuk penyakit kulit Vitiligo.

Dan akhirnya, jika Anda tertarik untuk membaca lebih lanjut tentang diet Vitiligo maka silahkan kunjungi penjelasan mengenai makanan bernutrisi tinggi untuk menghaluskan kulit indah Anda.

Harapan Untuk Sembuh
Efek Vitiligo cenderung dapat melemahkan psikologis Anda, tetapi Anda harus ingat hal tersebut jangan sampai menggangu kehidupan Anda dan Vitiligo bisa disembuhkan, yaitu Anda harus mengubah cara Anda berpikir dan bersikap positif tentang hidup Anda. Dokter tidak tahu bagaimana orang bisa menderita Vitiligo dan mereka juga tidak tahu mengapa sebagian orang bisa sembuh. Anda harus tetap berharap bahwa penyakit Vitiligo bisa sembuh total. Harapannya bukan tanpa bukti, ada banyak bukti yang menunjukkan orang yang tak terhitung jumlahnya yang telah sembuh sepenuhnya dari vitiligo. Proses mengatasi vitiligo melibatkan banyak terapi yang berbeda dan jika Anda menemukan terapi yang tepat  mungkin itulah yang dapat menyembuhkan Anda dari Vitiligo.

Yang dicari dari search engine:

Leave a Reply