Penyebab Stroke, Gejala dan Cara Pencegahannya

Stroke adalah suatu kondisi dimana serangan otak yang timbul secara tiba-tiba / mendadak yang diakibatkan oleh tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah otak, sehingga aliran darah dan oksigen ke otak menjadi berkurang.

Penyebab

Penyumbatan oleh Emboli

Stroke dapat terjadi dikarenakan cabang pembuluh darah terhambat oleh emboli. Emboli adalah suatu massa, yang dapat berupa bekuan darah atau materi lain, yang terbawa oleh aliran darah melalui pembuluh darah, yang kemudian tersangkut di pembuluh darah atau cabang yang terlalu kecil untuk dilewatinya sehingga mengakibatkan sirkulasi darah tersumbat. Emboli dapat berupa kolesterol atau udara.

Ada beberapa factor penyebab stroke, antara lain yaitu penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, gangguan jantung, kolesterol, aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), penyakit jantung dan riwayat stroke dalam keluarga. Namun pada umumnya stroke beresiko tinggi terjadi pada penderita hipertensi.

Disamping itu faktor perilaku juga menjadi penyebab stroke, seperti pola makan yang tidak tepat seperti mengkonsumsi makanan yang tidak sehat (junk food dan fast food), merokok, minum minuman yang beralkohol. Kurangnya aktifitas fisik/olah raga, kurang istirahat, narkoba dan kegemukan / obesitas.

Junk Food tidak sehat

Di jaman sekarang, Stroke tidak hanya menyerang kelompok lanjut usia, namun juga menyerang kelompok usia muda (15 – 40 tahun), kelompok generasi yang produktif, baik itu pria maupun wanita. Akibatnya adalah tingkat produktifitas menurun.

Pada orang tua, stroke diakibatkan oleh pembuluh darah yang mengeras dan menyempit dan adanya lemak yang menyumbat pembuluh darah. Sedangkan pada usia muda atau usia produktif, penyebab stroke adalah karena stress, gaya hidup yang tidak sehat, narkoba, alcohol dan factor keturunan.

Tingkat mortalitas Stroke adalah antara 18% – 37%, merupakan penyakit yang menduduki peringkat kedua sebagai penyakit penyebab kematian.

Gejala-gejala

Masyarakat sudah seharusnya mengetahui dengan jelas serta faham, bahwa stroke merupakan serangan terhadap otak dimana secara sederhana mempunyai tanda-tanda yang harus difahami. Sehingga jika mengalaminya dapat langsung dilakukan tindakan yang tepat dan jangan sampai terlambat.

Akibat Stroke

Berikut adalah gejala umum stroke yang sering timbul :
1. Mendadak pusing tanpa diketahui penyebabnya
2. Merasa bingung dan kehilangan pandangan atau pandangan menjadi kabur
3. Mati rasa atau baal pada muka, tangan dan kaki
4. Sulit berbicara atau kalau bicara pelo
5. Mengalami kesulitan berjalan serta kehilangan keseimbangan.

Jika pada suatu saat kita mengalami gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya langsung dikonsultasikan dengan dokter.

Pencegahan
Stroke dapat dicegah sedini mungkin dengan menjalankan gaya hidup yang sehat.
Berikut beberapa cara untuk mencegah terserang serangan stroke :
1. Kurangi mengkonsumsi minuman beralkohol.
2. Berhenti merokok, kebiasaan merokok dapat mengakibatkan penggumpalan darah.
3. Perbaiki pola makan. Konsumsi makanan sehat, hindari junk food.
4. Jika merasakan detak jantung yang tidak teratur, segera konsultasikan dengan dokter Anda.
5. Sedikit mengurangi penggunaan garam pada makanan. Garam mengikatkan tekanan darah.
6. Hindari hal-hal yang bisa membuat Anda stress.
7. Kendalikan berat badan Anda. Badan gemuk atau obesitas.
8. Lakukan pemeriksaan tensi darah secara rutin dan teratur.

Mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayur dan buah merupakan hal sederhana yang dapat mencegah terjadinya serangan stroke. Tetapi ada kalanya masayarakat perkotaan saat ini enggan untuk mengkonsumsi makanan yang berserat seperti sayuran karena beberapa alasan.

Sebenarnya ada minuman nutrisi produk dari Synergy USA yang sudah diproduksi yang bernama Liquid Chlorophyll yang berkualitas tinggi sebagai pengganti makanan berserat bagi orang-orang yang enggan mengkonsumsi sayuran. Baca selengkapnya di sini http://smartdetoxeasy.com/program-smart-2/.