Perut Buncit Pemicu Penyakit Diabetes Tipe 2

Badan gemuk dan perut buncit sebagai tanda kemakmuran..No..no.. itu zaman dulu banget. Anda sekarang harus berhati-hati, perut buncit adalah sebagai tanda tidak sehat. Perut Buncit Pemicu Penyakit Diabetes Tipe 2.

Masalahnya, untuk pria yang memiliki lingkar perut lebih dari 95 cm dan untuk wanita yang lingkar perutnya melebihi 80 cm harus sudah mewaspadai dan sadar diri bahwa lingkar pingga tersebut adalah sebagai alarm untuk mewaspadai munculnya penyakit Diabetes tipe 2.

Saat lemak bertambah dan otot mulai berkurang maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan, hal itu disampaikan oleh Dokter Spesialis Endokrin Metabolisma dan Diabetes, dr. Aris Wibudi.

Anda perlu mengetahui, bahwa di dalam rongga perut buncit kita terdapat “lemak Visceral, dimana lemak visceral tersebut akan menghasilkan zat-zat yang dapat merusak tubuh seperti Tumor Necrosis Factor Alpha (TNF-Alpha) yang dapat menyebabkan resistensi insulin, demikian yang diungkapkan dr. Aris pada saat temu media di acara Mediabetea (28/9/2015).

Diabetes tipe 2 dikarenakan terganggunya fungsi pankreas. Pankreas ini tidak dapat memproduksi hormon insulin sehingga sel-sel tidak dapat menyerap glukosa ke sel, menurut dokter yang berpraktik di RSPAD Gatot Subroto ini.

Disamping penyakit diabetes tipe 2, perut buncit juga dapat memicu peradangan kronik derajat rendah. Secara fisik memang peradangan ini tidak terlihat namun ketika lemaknya bermasalah, maka berdampak pada asam urat tinggi lalu trigilserida di atas 100 dan juga kolesterol HDL menjadi di bawah 35.


 

 

Yang dicari dari search engine:

Leave a Reply