Siklus Menstruasi pada Wanita Berbadan Gemuk

Kelebihan berat badan atau kegemukan adalah kondisi dimana seseorang mengalami berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Tragisnya, obesitas / kegemukan banyak dialami oleh wanita. Obesitas atau kegemukan dapat terjadi karena ketidakseimbangan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan.

 

Tahun 2013, ada sekitar 2,1 milyar orang di seluruh dunia yang menderita obesitas atau kegemukan dan Indonesia menduduki urutan ke 10. Obesitas saat ini sudah menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling serius di abad 21, menjadi permasalahan dunia, bahkan WHO (World Health Organization) telah mencanangkan bahwa obesitas sebagai epidemik global.

Obesitas bisa menjadi masalah yang sangat berat karena dapat menimbulkan resiko berbagai macam penyakit, seperti diabetes tipe 2, stroke, hipertensi, kanker, dan gangguan pernafasan dan serangan jantung.


Malangnya lagi pada wanita, bahwa berbadan gemuk sangat mempengaruhi terhadap siklus menstruasi atau haid yang pada normalnya berjalan setiap sebulan sekali.

Berikut kami jelaskan mengenai Siklus Menstruasi pada Wanita Berbadan Gemuk.

Setujukan Anda bahwa Gemuk itu sehat?
Jawaban Anda mungkin setuju dan sebagian orang mungkin juga menjawab tidak setuju. Benar jika gemuk dianggap sebagai tercukupinya kebutuhan gizi, dibanding jika seseorang kurus kering. Tapi pendapat ini bisa jadi keliru bila gemuk menjadi berlebihan atau lazim pula disebut obesitas. Kenapa? Karena orang yang mengidap obesitas biasanya mengalami peningkatan risiko terserang berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, salah satunya adalah siklus menstruasi atau haid pada wanita menjadi terganggu.

Struktur tubuh Setiap wanita normal memiliki sepasang ovarium, dimana setiap bulannya menghasilkan sebuah sel telur (ovum), yang siap untuk dibuahi melalui sebuah mekanisme siklus menstruasi. Pematangan ovum (ovulasi) merupakan kunci penting bagi seorang wanita dalam menjalani kehidupan reproduksinya untuk mendapatkan keturunan dikemudian hari.

Kehidupan reproduksi seorang wanita sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yang nantinya berpotensi menimbulkan gangguan. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah kegemukan (obesitas), yang identik dengan hiperkolesterolemia.

Pengaruh wanita berbadan gemuk terhadap hambatan proliferasi folikel serta pematangan ovum, yang pada akhirnya termanifestasi sebagai gangguan siklus menstruasi atau haid yang dapat digolongkan dalam beberapa hal yakni :

1. Kelainan dalam banyaknya darah dan lamanya perdarahan, yang meliputi hipermenorea atau menoragia dan hipomenorea.

2. Kelainan siklus, yang meliputi polimenorea, oligomenorea, dan amenorea.

3. Perdarahan di luar siklus menstruasi / metroragia.

4. Gangguan lain yang berkaitan dengan menstruasi, seperti ketegangan pramenstruasi, mastodinia, rasa nyeri pada ovulasi, dan dismenorea.

Keterangan :
Hipermenorea ialah perdarahan menstruasi yang lebih banyak dari normal, atau lebih lama dari normal (lebih dari 8 hari).

 

Hipomenorea ialah perdarahan menstruasi atau haid yang lebih pendek dan/atau lebih kurang dari biasa.

 

Polimenorea siklus menstruasi lebih pendek dari biasa (kurang dari 21 hari). Perdarahan kurang lebih sama atau lebih banyak dari menstruasi normal.

 

Oligomenorea, di sini siklus menstruasi lebih panjang (lebih dari 35 hari). Perdarahan pada oligomenorea biasanya berkurang.

 

Amenorea adalah keadaan tidak adanya menstruasi untuk sedikitnya 3 bulan berturut-turut. Amenorea dapat dibagi menjadi amenorea primer dan amenorea sekunder.

 

Amenorea primer adalah apabila seorang wanita sampai berumur 18 tahun ke atas tidak pernah mendapatkan menstruasi.

 

Amenorea sekunder penderita pernah mendapatkan menstruasi, tetapi kemudian tidak mendapatkan lagi.

Amenorea primer umumnya mempunyai sebab-sebab yang lebih berat dan lebih sulit diketahui, seperti kelainan kongenital dan kelainan genetik. Adanya amenorea sekunder lebih menunjuk kepada sebab-sebab yang timbul kemudian dalam kehidupan wanita, seperti gangguan gizi, gangguan metabolisme (kegemukan), tumor, dan penyakit infeksi.

Apa yang harus kita lakukan jika mengalami gangguan menstruasi dalam waktu lebih dari 3 bahkan 6 bulan berturut-turut?

Segera konsultasikan ke dokter dan ubahlah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat dan teratur.

Penurunan berat badan dapat memperbaiki fungsi reproduktif dengan hasil yang cukup baik, termasuk perubahan hormonal dan metabolisme dengan kurun waktu yang singkat. Efek dari pengurangan berat badan tergantung dari jumlah yang turun. Walaupun berat yang turun hanya sekecil 5 %, hal ini sudah dapat menunjukkan hasil yang menggembirakan dari proses ovulasi dan status fertilitasnya.

Penelitian lainya juga menunjukkan bahwa efek dari penurunan berat badan juga memperbaiki kinerja hormonal, jadwal reguler menstruasi, ovulasi, dan angka kehamilan pada perempuan yang pernah mengalami obesitas sebelumnya. Pada wanita penderita ovarium polikistik, penurunan berat badan juga menurunkan resistensi insulin, hiperlipidemia dan hiperandrogenisme.

Lakukan beberapa latihan fisik atau olah raga untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Dan hal ini haruslah dilakukan secara teratur. Diperlukan motivasi yang tinggi untuk mengubah pola hidup dari kurang bergerak ke dalam kondisi yang senantiasa melakukan kegiatan fisik secara berkesinambungan.

Mengubah pola makan dari yang suka manis-manis dan mengandung banyak lemak menggantinya dengan makanan yang banyak mengandung serat misalnya sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.

SMART CHLONONI

Smart Chlononi adalah gabungan dua produk Synergy Worldwide yaitu terdiri dari Chlorophyll dan Noni Plus.

Smart chlononi Siklus Menstruasi pada Wanita Berbadan Gemuk

Harga : RP. 790.000

Made In USA. Sertifikat: FDA, GMP, TGA, dan BPOM. 100% Halal

Konsultasi dan pemesanan : 0819 7248 2424, WA: WA: 081572482424

 

Gangguan Menstruasi. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa Wanita dalam kehidupannya tidak luput dari adanya siklus haid normal yang terjadi secara periodik. Kita akan merasa terganggu bila hidupnya mengalami perubahan, terutama bila haid menjadi lebih lama dan atau banyak, tidak teratur, lebih sering atau tidak haid sama sekali.

Untuk itu, guna membantu memperlancar proses siklus menstruasi atau haid pada wanita seperti Anda, sebuah prusahaan produsen nutrisi kesehatan terbesar di USA Synergy Worldwide mengeluarkan produk Chlorophyyl dan Noni Plus dan menggabungkannya menjadi satu sehingga dapat membantu dan mengatasi masalah tidak teraturnya siklus menstruasi atau haid Anda.


SMART DETOX

Merasa terlanjur dengan berat badan Anda? Merasa perlu untuk segera menurunkan berat badan Anda yang sudah melampaui batas sehingga siklus menstruasi atau haid Anda tidak teratur? Smart detox akan menjadi satu-satunya solusi program pelangsingan tubuh Anda. Tidak perlu diet ketat dalam menjalankannya. Nutrisi Smart Detox akan membuat Anda selalu merasa kenyang dan segar setiap hari.

Smart Detox yang sangat fenomenal. Smart Detox adalah nutrisi (bukan obat) yang berfungsi untuk membersihkan racun dan kotoran dari dalam tubuh dengan cara yang sangat cepat, sehat dan alami sehingga tubuh menjadi langsing dan berat badan turun sampai 20kg hanya dalam 20 hari saja.

Konsultasi dan pemesanan Smart Detox, hubungi Distributor 0815 7248 2424 atau WA: WA: 081572482424

 

 

Yang dicari dari search engine:

Leave a Reply